Echosmith Yang Mencuri Perhatian

echosmith_11

Saya mengetahui Echosmith secara tidak sengaja ketika liburan pada pertengahan tahun 2014 lalu. Saat itu saya sedang bersantai di rumah di Kota Madiun. Sambil menikmati secangkir kopi hitam kegemaran, saya memutar channel MTV pada televisi saya.

Dalam acara yang bertajuk MTV Hits tersebut, beberapa lagu yang sedang ngetop seperti Shake It Off- nya Taylor Swift, All About That Bass-nya Meghan Trainor, Photograph-nya Ed Sheeran, Sugar-nya Maroon 5, Magic-nya Coldplay, Love Me Like You Do-nya Ellie Goulding, G.D.F.R.-nya Flo Rida Feat Sage The Gemini & Lookas, Uptown Funk-nya Mark Ronson Feat Bruno Mars dan lain sebagainya cukup menghibur saya. Pada dasarnya saya menyukai hampir segala jenis aliran musik dari yang paling klasik hingga kontemporer. Bagi saya, musik bisa menjadi sarana pelepas lelah dan penghilang suntuk. Musik bisa menjadi stimulus untuk mendapatkan atau melahirkan ide-ide atau gagasan-gagasan baru dalam bentuk karya-karya lainnya selain musik. Musik bisa menjadi semacam impuls bagi syaraf-syaraf semangat yang sedang loyo agar bergairah kembali.

Diantara taburan band dan solois populer yang mengisi tangga lagu MTV Hits, saya terkesan dengan kemunculan band baru bernama Echosmith yang membawakan lagu berjudul “Cool Kids”. Konsep band beranggotakan empat personel dengan tiga cowok dan satu cewek sebagai vokalis mengingatkan pada band-band serupa di era 90-an seperti The Cranberries, The Cardigans, dan Sixpence None The Richer, misalnya.

Belakangan, saya baru tahu kalau keempat personel Echomith adalah saudara sekandung. Mereka terdiri atas  Jamie Jeffery David Harry Sierota si sulung yang berposisi sebagai Lead Guitar And Backing Vocals/08 April 1993), Noah Jeffery David Joseph Sierota (Bass Guitar And Backing Vocals/01 Januari 1996), Sydney Grace Ann Sierota (Lead Vocals and Keyboards/21 April 1997), Graham Jeffery David Sierota (Drums/05 Februari 1999).

Echosmith terbentuk di  Chino, California, Amerika Serikat pada Februari tahun 2009. Mereka memulai kerjasama dengan mayor label Warner Bros. Records sejak bulan Mei 2012. Debut album mereka yang bertajuk “Talking Dreams” dirilis pada Oktober 2013. Tembang “Cool Kids” merupakan single kedua dalam album tersebut yang berhasil melambungkan nama mereka pernah menempati posisi ke 13 di Billboard Hot 100 dan telah mendapatkan sertifikat dobel platinum dari Recording Industry Association of America (RIAA) dengan penjualan album lebih dari 1.200.000 di Amerika Serikat. Selain itu, Echosmith juga memperoleh sertifikat dobel platinum dari Australian Recording Industry Association (ARIA Australia). Pada tahun 2014, single “Cool Kids” menjadi lagu kelima penjualan digital terbesar dari Warner Bros. Records dengan jumlah 1.300.000 unduhan.

Pada prinsipnya Echosmith mengusung genre techno-dance pop-rock yang manis. Cara bermusik mereka banyak dipengaruhi oleh U2, Coldplay, The Smiths, The Killers, Echo & The Bunnymen, Joy Division, dan Fleetwood Machine.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s